Senin, 02 Oktober 2023

ANALISIS STP PADA PERUSAHAAN AQUA


sumber:sumbhttp://rifqilutfi.blogspot.com/2020/04/strategi-segmenting-targeting-dan.html
    
    Strategi marketing menjadi salah satu elemen yang  diperlukan saat menjalankan bisnis. Ada berbagai jenis strategi marketing yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran bisnismu, 
    Salah satu Strategi pemasaran yang tepat dilakukan adalah menerapkan STP Marketing. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif. 

PENGERTIAN STP






    Segmenting, targeting, dan positioning atau STP adalah salah satu strategi pemasaran untuk menentukan manakah sebuah bisnis akan dioperasikan. 
    Sesuai namanya, strategi ini didasarkan oleh tiga langkah, yaitu mengidentifikasi segmen, menganalisis target pasar, serta menentukan posisi yang tepat untuk menjalankan bisnis. strategi STP difokuskan pada pendekatan target audiens atau target pasar, bukan produk.

PROSES PENERAPAN STP



A. SEGMENTATION

    segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu.  Ada beberapa kategori segmentasi pasar, yaitu:
  • Demografis,  berdasarkan usia, gender, ras, pendidikan, pekerjaan hingga agama dan kewarganegaraan.
  • Geografis, berdasarkan letak geografis
  • Psikografis, berdasarkan sifat psikologis, misalnya gaya hidup, kepribadian, hobi, dan sebagainya.
B.TARGETING

    Pada tahap ini, kamu perlu menentukan mana segmen pasar terbaik bagi bisnis yang kamu jalankan. Untuk dapat menentukannya, terdapat tiga faktor yang perlu kamu pertimbangankan, yaitu:
  • Kemudahan Akses
 pasar yang dipilih dapat dengan mudah diakses bagi kamu ataupun konsumen. 
  •   Profitabilitas
melihat profit dari bisnis yang telah kamu jalankan. 
  • Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya

Bagilah pasar yang cukup besar dan hindari membagi pasar yang sudah kecil. Janganlah pilih pasar yang kecil, karena akan membatasi perkembangan bisnis kamu. 


C.POSITIONING


    Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam STP Marketing. Pada langkah ini lakukan pertimbangan dasar yang membuat pelanggan kamu lebih memilih produk kamu bandingkan dengan kompetitor lainnya yang sejenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISIS STP PADA PERUSAHAAN AQUA

s umber:sumbhttp://rifqilutfi.blogspot.com/2020/04/strategi-segmenting-targeting-dan.html          Strategi  marketing  menjadi salah satu ...