sumber:sumbhttp://rifqilutfi.blogspot.com/2020/04/strategi-segmenting-targeting-dan.html
Strategi marketing menjadi salah satu elemen yang diperlukan saat menjalankan bisnis. Ada berbagai jenis strategi marketing yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran bisnismu,
Salah satu Strategi pemasaran yang tepat dilakukan adalah menerapkan STP Marketing. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif.
PENGERTIAN STP
Segmenting, targeting, dan positioning atau STP adalah salah satu strategi pemasaran untuk menentukan manakah sebuah bisnis akan dioperasikan.
Sesuai namanya, strategi ini didasarkan oleh tiga langkah, yaitu mengidentifikasi segmen, menganalisis target pasar, serta menentukan posisi yang tepat untuk menjalankan bisnis. strategi STP difokuskan pada pendekatan target audiens atau target pasar, bukan produk.
PROSES PENERAPAN STP
A. SEGMENTATION
- Demografis, berdasarkan usia, gender, ras, pendidikan, pekerjaan hingga agama dan kewarganegaraan.
- Geografis, berdasarkan letak geografis
- Psikografis, berdasarkan sifat psikologis, misalnya gaya hidup, kepribadian, hobi, dan sebagainya.
B.TARGETING
- Kemudahan Akses
- Profitabilitas
- Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya
Bagilah pasar yang cukup besar dan hindari membagi pasar yang sudah kecil. Janganlah pilih pasar yang kecil, karena akan membatasi perkembangan bisnis kamu.
C.POSITIONING
Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam STP Marketing. Pada langkah ini lakukan pertimbangan dasar yang membuat pelanggan kamu lebih memilih produk kamu bandingkan dengan kompetitor lainnya yang sejenis.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar